10 Jun 2011

Mimpi..

assalamualaikum.
akhirnya sempat juga menulis lagi. banyak yang bertanya padaku, kenapa jarang update? well, lihat saja dari isinya yang notabene bukan cerita harianku. meski ada sebersit keinginan untuk menjadikannya kegiatan harian, atau mingguanlah setidaknya. tapi ternyata bukan itu minatku buat saat ini. yasudah lihat saja nanti.  semoga saya segera diberi hidayah untuk kembali menulis dengan giat. hehehe.
terimakasih buat temen-temen di dunia maya yang sudah menyempatkan diri untuk membuka blue sky over. ada pepatah yang mengatakan mata adalah jendela hati, dan sekarang telah terpatahkan dengan pepatah "blog adalah jendela diri" 
heheheh.. iya toh?! ^___^

kali ini saya sedang ingin membedah makna lagu "Mimpi" milik mbak Anggun C. Sasmi, salah satu singer indonesia yang menjadi kebanggaan negeri. tak usahlah ditulis prestasi beliau, cukup sudah banyak media sosial yang membahas dia habis-habisan. hehehe. ini lirik lagunya yang kusadur dan sudah kuedit juga, dari web ini :)

dalam hitam gelap malam
kuberdiri melawan sepi,

di sini di pantai ini
telah terkubur sejuta kenangan
dihempas keras gelombang
dan tertimbun batu karang
yang tak kan mungkin dapat terulang

wajah putih pusat pasi
tergores luka di hati,

matamu membuka kisah
kasih asmara yang telah ternoda
hapuskan semua khayalan
lenyapkan satu harapan
kemana lagi harus mencari

kau sandarkan sejenak beban diri
kau taburkan benih kasih
hanyalah emosi

reff: 
melambung jauh terbang tinggi
bersama mimpi
terlelap dalam lautan emosi
setelah aku sadar diri
kau tlah jauh pergi
tinggalkan mimpi yang tiada bertepi

kini hanya rasa rindu
merasuk di dada
serasa sukma melayang pergi
terbawa arus kasih membara

liriknya simpel, tapi mengena, dan memberi semangat pada pendengar secara tidak langsung. ngerasa gitu gak?
mari membuat sebuah lingkaran berbentuk awan diatas kepala. bayangkan kamu (ato kalo nggak, si Mbak Anggun deh) lagi menyanyikan lagu ini sekarang. setting latar belakang, si penyanyi sedang berada diatas karang pantai, merenung bersama deburan ombak. sedikit tenang, sebentar-sebentar ombak membesar, lalu tenang lagi. 
terhirup bau laut, bau ombak.. seakan sedang berbincang dengan ombak dan latar langit yang mengiringi.
flashback perlahan.. dimulai dari awal pertemuan, berujuang pada tiap sudut kejadian, tiap kisah, pembicaraan tentang hati, angan, juga harapan. setiap momen yang sepele, namun berharga dan tak sengaja teringat, hingga membuatnya membekas dihati dan pikiran. meninggalkan jejak-jejak yang menjadi titian gambaran hari yang belum ada.
dari setiap lekukan kejadian, terlintas kenangan yang sebenarnya tidak ingin diingat, namun kenangan inilah yang merubah segala dongeng tentang angan, dan yang menjadi kata kunci, yakni "mimpi"..
dari titik ini, ada dua pendapat tentang makna lagu tersebut. simpel sih dualismenya, makna pertama yakni mimpi yang dibangun adalah milik bersama yaitu milik dia dan pasangannya. sedang makna kedua, adalah mimpi yang dibangun karena janji-janji yang terucap dari pasangannya dia. janji manis yang telah menjadi mimpinya selama ini. namun hancur karena ego sang pasangan membuatnya runyam (kalau bahasa orang pacaran, elo ma gue uda ga sejalan de ya! hehehe) atau alasan yang lain.
kalau aku pribadi lebih sreg dengan makna kedua. mungkin karena penulis blog ini seorang wanita kali ya?  jadi lebih merasa menjadi pihak yang sering tersakiti, serta  merta karena bukan menjadi pihak yang mengikrarkan janji untuk pertama kali gitu. hehehe ga tau lagi se. menurutmu gimana?
dari lirik selanjutnya, udah ga dualisme lagi. disini, dia yang tersakiti mencoba membuang segala angan tersebut, bersama kenangan mereka pada setting latar sekarang yakni pantai tempat mimpi-mimpi tersebut terbangun perlahan. menghempaskan, menyanyikan lagu ini sekuat tenaga, menangis dengan raungan yang hanya dia sendiri yang paham.. terluka dan hanya ombak yang tahu alasannya.
buat sekarang, dia mau hanya dia dan ombak yang saling bicara. hanya ombak yang punya hal untuk menjawab segala lukanya. karena sakit akan cinta, serta kerinduan akan mimpi yang jauh tinggi tidak lagi bisa terjawab. dalam kebingungannya, dia tersesat dalam diam, dan menemukan ketenangan dengan mengingat kenangan yang indah. namun kenangan itu sebentar saja lewat, lalu tersapu oleh kenangan yang membuat cerita cintanya runyam...
lalu lagu ini berakhir dengan helaan nafas yang panjang, bahwa ini semua hanya mimpi dan harapan yang tersesali. that's it!

sudahkah bedahanku mewakili lagunya mbak Anggun? karena sejauh gambaranku, seperti itu adanya lagu ini. how i like this song a lot. sarat makna, tetapi disisi lain karena dinyanyikan oleh penyanyi berkelas sehingga teknik lagu dan suaranya sangat elegan. sukaaa! ^___^
dan sesuai hobiku, aku membuat cover lagunya dari permainan gitar dan suaraku sendiri, bisa didengar dibawah ini nih..


alhamdulillah akhirnya bisa posting dan berkarya lagi.
sekian dari aku, assalamualaikum.



5 komentar:

Koceng mengatakan...

Terimakasih sudah mengunjungi blog kami di koceng, maaf baru kali ini bsa online. Salam blogger indonesia, kalau mau share photo di koceng silahkan saja untuk di share,

Koceng mengatakan...

maaf juga password nya baru bisa ketemu ini, kemaren juga sempat ke Hack. hehehe, tapi insyaallah kita akan memulai lagi Update Koceng dalam waktu panjang.

shafarani mengatakan...

hehehe yang harusnya terimakasih ya saya..ini saya juga masih blogger junior yang jarang update kok..

Lyeta mengatakan...

huaa denger suaramu, kangen tenann karo mbak satu iki....

fiyya shafarani mengatakan...

miss you too neng.. :*